Minggu, 03 Mei 2015

Resensi Novel

TRITWINS

SMA DEPORTIVO…
                Salah satu dari sekian banyak sekolah elite di Jakarta. SMA Deportivo memiliki keunikan tersendiri di bandingkan dengan sekolah lainnya. Mereka memiliki siswa kembar. Dan tak tanggung-tanggung, kembar tiga. Ketiganya siswa laki-laki. Namun tak perlu khawatir akan tertukar dari ketiganya. Karena masing-masing memiliki sifat, karakter, skill dan penampilan yang berbeda. Satu hal yang paling terpenting, tiga anak kembar ini adalah siswa paling popular.
Mereka adalah Vicky sang ketua OSIS kharismatik, Ricky sang vocalis yang juga ‘playboy’ dan digilai banyak cewek, serta Nicky si atlit sinting yang gayanya kayak preman. Suatu hari, Nicky berniat menembak seorang cewek yang umurnya setahun di atas dia yang berasal dari sekolah berbeda. Namun karena ada suatu insiden kecil ketika mengejar gerombolan anak sekolah yang cari masalah dengannya, rencana tersebut hancur berantakan. Gara-gara Vicky mengancam tidak akan membantu untuk mengerjakan tugas Nicky karena salah satu kembarannya itu menggunakan buku pelajaran yang akan dijadikan referensi untuk Vicky mengerjakan tugas untuk dijadikan senjata kala mengejar gerombolan anak-anak tadi.
Vicky mengancam jika Nicky tak mendapatkan buku tersebut, ia tidak akan membantu Nicky mengerjakan tugas. Nicky galau seketika. Meski termasuk siswa yang selalu buat onar, Nicky tak pernah menomor 2 kan untuk urusan sekolah. Dengan terpaksa sore itu Nicky harus mampir ke toko buku karena Vicky hanya memberi waktu hingga sore nanti. Untuk urusan Venda—cewek yang ingin di tembak Nicky—dengan berat hati ia serahkan ke Ricky yang akan menyamar sebagai Nicky menemui Venda.
Ketika di toko buku, Nicky sempat berebutan buku dengan seorang gadis bernama Najwa. Namun tak lama gadis itu mendapat telpon dari seseorang sehingga membuatnya terpaksa cepat-cepat pergi dari sana dan melupakan buku itu. Namun satu yang tak ia lupa, yaitu seorang pemuda yang baru saja ia temui.
                Ketika sampai rumah, Najwa bertemu kakaknya yang hendak pergi dari rumah sambil membawa tas besar. Kakaknya yang bernama Vendi itu hanya mengingatkan Najwa untuk menjaga diri baik-baik. Sementara di dalam, kedua orang tua serta adik laki-laki Najwa, Zaquan, telah menunggunya. Tadi siang ketika di sekolah, Najwa meminta putus dari sang pacar yang bernama Rio, anak dari seseorang  yang cukup berpengaruh di SMA Priority. Namun Rio menolak untuk putus dengan Najwa. Kemudian Najwa mengaku bahwa selama ini ia berpacaran dengan Rio hanya sebatas taruhan dan membalas dendam untuk dua temannya yang pernah menajdi korban cowok playboy seperti Rio.
                Rio tetap bersikeras untuk tidak melepaskan Najwa hingga membuat cewek itu hilang kesabaran dan akhirnya menghajar Rio hingga terjungkal. Meski demikian, Najwa malah masih sempat membantu Rio dan membawakannya p3k untuk Rio mengobati lukanya. Ternyata berita itu telah sampai ke telinga kedua orang tua Najwa. Awalnya Najwa fikir di hanya akan di skors, meski hanya beberapa waktu, tapi cukup untuknya menghindar dari Rio. Tapi ternyata Najwa justru di keluarkan dari SMA Priority. Orang tuanya pun memasukkan Najwa ke SMA Deportivo tanpa memberi kesempatan untuk Najwa memilih sekolah. Justru itu menjadi kabahagiaan tersendiri untuk Najwa karena ia akan benar-benar terlepas dari Rio, mantannya. Najwa memiliki seorang sepupu di SMA Deportivo bernama Riyu. Riyu sendiri kakak kelas Najwa dan sekelas pula dengan Vicky.
                Malam itu Nicky resah karena Ricky tak kunjung pulang dan ponselnya tak bisa dihubungi. Namun keesokan harinya, Ricky justru menelpon Vicky dan mengatakan bahwa dirinya berada di apartmen pribadi mereka. Di sana Ricky bercerita bahwa Venda hamil dan akan menikah dengan seorang pria bernama Kelvin yang tak lain adalah sepupu mereka sendiri, hari ini di Bandung. Dan Kelvin sendiri adalah kakak dari Rio, mantan pacar Najwa.
                Tanpa sepengetahuan mereka, Nicky ternyata menyusul ke apartmen dan sempat nyaris menghajar Ricky karena kembarannya itu tak langsung bercerita kepadanya perihal Venda. Justru ia mengetahui hal itu ketika Ricky bercerita ke Vicky. Nicky segera pergi dari sana. Beruntung Vicky dan Ricky dapat mengejar Nicky hingga akhirnya mereka bertiga memutuskan pergi ke Bandung hari itu juga. Sesampainya di Bandung, mereka terlebih dahulu menuju rumah sepupu mereka. Dan tak di duga, Venda pun mengunjungi tempat yang sama dengan tiga anak kembar itu. Dan di sana ia bercerita ke Nicky dan meminta cowok itu untuk membantu menjaga adiknya, karena Venda takut Najwa bernasib sama sepertinya karena Rio.
                Adik Venda tersebut bernama Najwa. Dan setelah ditelusuri, Najwa itu adalah seorang cewek yang saat ini tengah di sukai oleh Ricky. Ketika mereka hanya tinggal bertiga, Nicky menawarkan Ricky untuk bertukar peran dengannya. Karena dengan begitu, Ricky dapat mendekati najwa dengan mudah. Namun Ricky menolak karena ia ingin mendekati Najwa dengan usahanya sendiri.
                Ketika kedua kali bertemu Najwa, Nicky baru menyadari bahwa gadis itu sangat mirip dengan Venda. Mungkin karena waktu di toko buku kala itu, suasana hati Nicky sedang buruk. Jadi ia kurang memperhatikan gadis yang ia temui waktu itu. Awalnya Nicky memang sangat bersikap protektif terhadap Najwa, namun cewek itu terlihat sangat santai dan tak mempedulikan sikap Nicky terhadapnya. Najwa juga memiliki beberapa teman dekat di kelas. Salah satunya adalah Ivo, cewek berjilbab yang diam-diam memendam rasa ke Ricky. Suatu malam, Ivo tak sengaja bertemu Ricky di sebuah supermarket dan tanpa rencana membuat Ricky mengantarnya pulang.
                Di sisi lain, Najwa juga tengah berusaha mencari tau keberadaan Vendi, kakaknya melalui beberapa orang temannya semasa di SMA Priority yang juga teman-teman Vendi. Suatu malam, ketika Najwa hendak naik taksi menuju rumah, ia tak sengaja bertemu dengan Ricky yang juga hendak masuk ke dalam taksi yang sama. Ternyata kondisi Ricky sedikit mengkhawatirkan hingga membuat Najwa memutuskan untuk menarik Ricky ikut bersamanya. Ketika di dalam taksi, Ricky pingsan dan Najwa memutuskan membawa Ricky ke rumah sakit.
                Setelah kejadian itu, ada sesuatu yang terjadi pada Nicky. Entah mengapa kehadiran Najwa sangat cepat mengalihkan perasaannya terhadap Venda. Hingga akhirnya tanpa sadar Ricky, Nicky dan Najwa pun terlibat cinta segitiga.
                Meski sadar akan bersaing dengan kembaran sendiri, Nicky justru sama sekali tak ingin mundur karena ia baru menyadari bahwa ia telah memiliki rasa terhadap Najwa lebih dulu dari Ricky. Beberapa tahun lalu, ketiga anak kembar ini bertemu dengan Najwa yang menyelamatkannya dari keisengan anak-anak terhadap mereka. Namun setelah itu, ternyata gadis yang Nicky dekati selama ini adalah Venda, bukan Najwa. Ia salah menyangka karena sangat banyak kemiripan dari dua gadis yang ternyata saudara kandung tersebut.
                Ketika mengantar Ricky ke rumah sakit, Najwa terpaksa menukar simcard ponselnya dengan milik Ricky karena di saat yang bersamaan ponsel Ricky kehabisan baterai dan Najwa harus menghubungi Vicky atau Nicky namun ia tak menyimpan nomor ponsel satu dari mereka.
                Kejadian tukar simcard ponsel tidak hanya berlangsung hari itu saja. Ricky terpaksa menahan nomor ponsel Najwa karena ada sms dari seseorang yang mengaku sebagai Kelvin dan mengancam akan menyakiti Venda jika Najwa masih mendekati tiga anak kembar itu. Awalnya Nicky protes keras karena ia merasa memiliki tanggung jawab terhadap Najwa.
                Mereka menyusun rencana untuk memancing pelaku terror dengan membuat Nicky dan Najwa berpura-pura pacaran. Mereka bahkan sempat menginterogasi Rio, namun tidak ada yang mereka dapatkan. Hingga akhirnya, suatu hari justru Rio lah yang mengungkap jatidiri pelaku yang ternyata adalah Viola. Cewek itu bersikap demikian karena merasa selalu kalah dari Najwa yang dianggap selalu merebut cowok-cowok yang disukainya, mulai dari Dylan, Rio hingga Ricky.
                Perang dingin antara Ricky dan Nicky semakin panas membuat Vicky juga menjadi frustasi akibat sikap kedua kembarannya itu. Yang mereka permasalahkan selalu sama, yaitu tentang Najwa.  Belum lagi Nicky akhirnya tau bahwa selama ini yang merusak momen-momennya bersama Venda tak lain adalah Najwa. Itu sebagai bentuk protes Najwa karena Venda memanfaatkan kedekatannya dengan Nicky untuk membuat Kelvin cemburu.
                Ricky sendiri masih bingung dengan perasaannya ke Ivo. Ia kerap kali selalu memberi pengertian ke Ivo bahwa ia tak sebaik yang cewek itu fikirkan. Tapi Ricky sama sekali tak bisa menahan diri untuk tidak mempertanyakan perasaan cewek itu padanya. Hingga khirnya ia sadar, Nicky memang yang pertama kali jatuh hari terhadap Najwa. Nicky juga beberapa kali mengalah untuk Ricky urusan cewek tanpa sepengetahuan kembarannya itu. Ketika meminta saran terhadap Nissa pun, cewek itu mengatakan hal yang sama. Nicky sudah terlalu banyak mengalah, tapi nampaknya tidak jika cewek yang di maksud adalah Najwa.
                Sampai akhirnya, Nicky terlebih dahulu meninggalkan acara pensi sekolah. Di mana ketika Ricky tampil bersama band sekolahnya, cowok itu hendak memberikan setangkai bunga kepada satu di antara dua cewek yang kala itu tengah berdiri berdampingan. Ivo dan Najwa.
                Nicky ternyata bergabung dengan salah satu klub voli provinsi sebelum lulus dari SMA tanpa sepengetahuan siapapun termasuk dua kembarannya itu. Ia kabur dari rumah dengan alibi harus bergabung dengan klub hari ini juga.
                Ketika di stasiu, Nicky terkejut bahwa Najwa juga muncul di sana bahkan gadis itu mencarinya. Namun ia harus kembali kecewa karena melihat sosok Ricky tak jauh dari tempat Najwa berdiri. Nicky masih salah paham. Hingga akhirnya Vicky dan Nissa juga muncul di sana. Tak terkecuali Ivo yang langsung mengajak Ricky pergi dari sana, diikuti dengan Vicky dan Nissa. Mereka meninggalkan Najwa bersama Nicky. Yang selama ini di tunggu Najwa adalah Nicky. Dan yang selama ini di cari Nicky sebenernya adalah Najwa.


@@@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar